Ada
berbagai macam potret pembelajaran yang ada di sekolah dasar, entah itu
terpenuhi segala apa yang di butuhkan oleh kegiatan pembelajaran ataukah jauh
dari kesempurnaan yang berakibat pada tingkat keberhasilan belajar. Berikut
adalah potret dari pembelajaran di sekolah dasar yang perlu di kritisi oleh
pelaku pendidikan.
A. Sarana –Prasarana dan Keterjangkauan Wilayah
Seperti yang telah kita
ketahui bersama, selain terbatasnya tenaga guru, kemdala proses belajar-mengajar
yang selama ini ditemukan adalah kurang memadainya sarana dan prasarana
penunjang yang ada. Bagi yang kebetulan mengajar di daerah yang secara
geografis terpencil, mungkin saat ini Anda merasakan bahwa apa yang disampaikan
merupakan kenyataan yang setiap hari Anda temukan. Bagi yang mengajar di tempat
yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang, berikut adalah
contoh yang layak untuk direnungkan bagaimana proses pembelajaran yang
semestinya dilakukan. Untuk memperjelas pemahaman Anda, perhatikan
contoh-contoh berikut ini.
Contoh 1.
Siswa
kelas satu SD Negeri Inpres Bomomani mengikuti pelajaran sambil duduk di lantai
karena ruang kelas di desa pedalaman Distrik Mapia, Kabupaten Nabire, Papua itu kekurangan kursi.
Selain
kekurangan meja-kursi,perpustakaan itu juga tidak mempunyai koleksi buku.
Sekolah juga tidak memiliki buku pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan
Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, serta kekurangan ruang belajar dan guru.
Sumber:
//pendidikanpapua.blogspot.com/2007/09/buramnya-pendidikan-di-kabupaten-nabire.html-11Ok-
(diakses 14 November 2007)
Contoh 2.
Togizita
adalah sebuah desa berpenduduk 2.000 jiwa di pedalaman Nias (Sumatera Utara).
Jaraknya dari Gunung Sitoli hanya 59 km, tetapi dibutuhkan lima jam dengan
kendaraan untuk mencapainya. Desa yang diapit Sungai Oyo dan Siwalawa
(masing-masing lebarnya 50-8- meter dan tanpa jembatan) mempunyai tiga Sekolah
Dasar dengan 700 murid, sedangkan satu SMP, dan satu SMA masih dalam persiapan
dan baru dibuka tahun ini. Selain dari Togizita, siswa datang dari desa-desa
kecil di seberang kedua sunngai yang mengapit Togizita. Dari situlah
saran-prasarana kurang memadai karena keterjangkauan wilayah karena letak
geografis yang terpencil dan kurang adanya kesadaran pentingnya suatu
pendidikan.
Dari
contoh diatas dapat ditark kesimpulan bahwa pertama, letak geografis suatu
lembaga pendidikan sehingga untuk menjangkaunya diperlukan waktu dan alat
transportasi yang memadai. Akibatnya, apa yang telah ada tidak mampu untuk
dirawat dan dipelihara karena kurangnya tenaga pendidik dan kependidikan yang
ada.
Sebagai
contoh di kawasan selatan kota Jakarta, tepatnya daerah Parung, terdapat suatu
Kompleks sekolah modern, mulai dari SD-SMA yang dilengkapi dengan saran dan
prasarana yang sangat memadai.
Untuk tingkat SD, selain jumlah siswa dibatasi
maksimal 25 siswa. Untuk mendukung lancarnya proses belajara-mengajar, setiap
siswa memperoleh fasilitas antar jemput dari rumah ke rumah dengan mobil yang
kondisinya layak jalan tentu saja dilengkapi AC. Selain itu, untuk mendukung
kegiatan berkesenian atau kegiatan besar lainnya, sekolah juga memiliki ruang
sidang besar.
Dengan
situasi yang demikian siswa merasa nyaman dan proses belajar-mengajar bisa
berlangsung secara kondusif.
B. Ketidakmerataan Jumlah Guru
Salah
satu persoalan dari seorang guru di tanah air, selain kesejahteraan adalah
ketidakmerataan jumlah mereka. Perbandingan anatara guru yang mengajar di
daerah terpencil dengan guru yang mengajar di kota sangat jauh. Jadi dari segi
kualitas, jumlah guru sebetulnya belum memadai, tetapi tidak demikian dengan
pemerataan dan kualitasnya.
Dengan
adanya potret seperti contoh-contoh diatas diharapkan dari semua pihak untuk
merenungkan kembali arti penting dari sebuah pendidikan, khususnya untuk
generasi muda yang nantinya menjadi tunas bangsa yang tangguh.
Daftar Pustaka
http://pendidikanpapua.blogspot.com/2007/09/buramnya-pendidikan-di-kabupaten-nabire.html-11Ok-
(diakses 14 November 2007)
Wardani,
dkk. 2009. “Perspektif Pendidikan SD”. Jakarta: Pusat Penerbitan UT
Ismail,
dkk. 2007. “Pembaruan dalam Pembelajaran”. Jakarta : Pusat Penerbitan UT
Tak Hayal jika seseorang yang cantik ditambah dengan kabaikan yang cantik pula, maka itu sebuah kesempurnaan. Trims ya atas kebaikan kamu sudah berbagi ilmu dengan saya, informasinya sangat bermanfaat buat saya.
BalasHapusiya sama-sama :-)
HapusAssalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar jawa timur, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Sulardi MM yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs.Sulardi MM Hp:082338712222 Wassalm Darna Sanusi.
BalasHapusKISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp bpk sudwidjo yang telah membantu saya jadi PNS 0852-3042-5444
BalasHapusKISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIYO MURDONO. M. SI no telf beliau yang selalu aktif 0852-3042-5444 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.
KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp bpk sudwidjo yang telah membantu saya jadi PNS 0852-3042-5444
BalasHapusKISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIYO MURDONO. M. SI no telf beliau yang selalu aktif 0852-3042-5444 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.