Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/Semester : IV/2 (Dua)
Tema/Subtema : Indahnya Negeriku/Keanekaragaman
Hewan dan Tumbuhan/PB 1
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1) Bahasa
Indonesia
Kompetensi dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah
Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat
teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta
permasalahan sosial.
2.4 Memiliki kepedulian terhadap
lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi
dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
3.4.1 Menceritakan teks cerita petualang dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
4.4.1 Membuat kalimat dengan menggunakan kosa
kata baku.
2) Matematika
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung
campuran
3.14 Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
Indikator :
3.14.1 Menjelaskan operasi penjumlahan dengan
bilangan decimal
3.14.2 Menjelaskan operasi pengurangan dengan
bilangan decimal
4.2.1 Mengoperasikan penjumlahan bilangan decimal
dan persen
4.2.2 Mengoperasikan pengurangan bilangan decimal
dan persen
3) IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara
sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang
sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator:
3.7.1 Membedakan hewan langka dan tidak langka
4.6.1 menyimpulkan laporan berita perburuan
hewan langka
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat membedakan hewan langka dan tidak langka dengan
cermat.
2.
Berdasarkan
teks petualangan, siswa dapat menyimpulkan berita perburuan hewan langka
menggunakan kata-kata sendiri dengan bahasa yang santun dan tanggung jawab.
3.
Dengan
membaca pemahaman teks, siswa dapat menceritakan kembali teks petualangan
menggunakan kata-kata sendiri dengan bahasa yang santun dan tanggung jawab.
4.
Berdasarkan
teks petualangan, siswa dapat memilih dan memilah kosakata baku dengan cermat
dan teliti.
5.
Dengan
memilih kosakata baku, siswa dapat menerapkannya dalam kalimat secara
terstruktur dengan cermat dan teliti.
6.
Setelah
menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan
penjumlahan bilangan decimal dan persen dengan teliti.
7.
Dengan
menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan
pengurangan bilangan decimal dan persen dengan teliti.
8.
Dengan
menggunakan tabel, siswa dapat mengoperasikan penjumlahan bilangan decimal dan
persen dengan teliti.
9.
Dengan
menggunakan tabel, siswa dapat mengoperasikan pengurangan desimal dan persen
dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran
1.
Bercerita
tentang informasi dan petualangan (buku siswa halaman 4)
2.
Penjumlahan
dan pengurangan bilangan decimal dan persen (buku siswa halaman 2 dan 6)
3.
Hewan
langka dan tidak langka (Buku siswa halaman 2-3)
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode :
Tanya jawab dan diskusi
Pendekatan
: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen,
mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengomunikasikan)
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat : Gambar-gambar hewan langka
dan tidak langka, teks cerita Perburuan Liar Ancam Macan Tutul Ujung Kulon.
2.
Sumber :
Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema
6 “Indahnya Negeriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar
mereka.
2.
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.
Guru melakukan apresepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
4.
Guru member motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan
hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan
bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langkah dan tidak
langkah (mengamati).
2.
Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan gambar
tersebut (menanya).
3.
Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang
telah ditentukan oleh guru (mengomunikasikan).
4.
Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis
dengan pasangan masing-masing (menalar).
5.
Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka atau tidak
langka pada tabel yang telah disediakan (menalar).
6.
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
7.
Siswa membaca teks Perburuan
Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon (mengumpulkan informasi).
8.
Serelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa (menalar).
9.
Siswa menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata
sendiri (mengomunikasikan).
10.
Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami artinya (mengumpulkan informasi).
11.
Siswa mencariarti kata baru-baru tersebut di kamus dan menuliskannya
pada lembar yang telah disediakan (eksperimen
dan mengomunikasikan).
12.
Siswa membuat 5 kalimat menggunakan kosakata baru tersebut (mengomunikasikan).
13.
Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data tentang
jumlah jam tidur hewan (menalar)
14.
Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok (menalar).
15.
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
16.
Siswa mempertukarkan jawaban dengan pasangan (mengomunikasikan).
17.
Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan (mengkomunikasikan).
|
150 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan dari kegiatan hati
itu.
2.
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang
sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum mereka pahami, serta hal
apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut)
3.
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.
Penilian
Sikap : cermat
b.
Penilaian
Pengetahuan : kuis
c.
Penilaian
Keterampilan : menceritakan
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
|||||||||||
Cermat
|
Teliti
|
Tanggungjawab
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
…………………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
………………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Berilah dengan tanda centang (v) pada kolom yang sesuai.
1: Tidak pernah ditunjukkan; 2:
Kadang-kadang ditunjukkan; 3: Sering ditunjukkan; 4: Selalu ditunjukkan.
|
b. Lembar Penilaian Pengetahuan
Penilaian IPA dengan daftar Daftar
Periksa
No.
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
siswa mampu menuliskan 5 contoh
hewan tidak langka
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh
hewan langka
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menuliskan perbedaan
hewan langka dan tidak langka
|
|
|
4.
|
Siswa mampu menyimpulkan tentang
penyebab kelangkaan hewan
|
|
|
Daftar Periksa : Memilih dan Memilah
Kosa Kata Baku
No.
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu meemilih 10 kosakata
baku dari teks cerita petualangan
|
|
|
2.
|
Siswa mampumenemukan dan
menuliskan arti kosakata baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menuliskan 5 kosakata
baku dalam kalimat yang runtut.
|
|
|
c. Lembar Penilaian Keterampilan
1. Penilaian Bahasa Indonesia
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||
Strukur Cerita
|
Latar Cerita
|
Tokoh Cerita
|
Keruntutan
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (v) pada bagian
yang memenuhi kriteria sesuai rubric penilaian.
2. Rubrik : Menceritakan Kembali Teks Petualangan
Kriteria
|
Bagus
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih Lagi
(1)
|
Struktur Cerita
|
Memuat awal, pertengahan dan akhir cerita
dengan lengkap
|
Memuat awal, pertengahan, dan
akhir cerita, namun kurang lengkap
|
Cerita tidak memuat salah satu
aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
|
Latar Cerita
|
Memuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara detail.
|
Memuat latar (setting) cerita, namun kurang detail
|
Tidak memuat latar (setting) dalam cerita
|
Tokoh Cerita
|
Memuat nama tokoh dengan lengkap
|
Memuat nama tokoh, namun kurang
lengkap
|
Tidak memuat tokoh cerita
|
Keruntutan
|
Seluruh kalimat runtut
|
Terdapat 1-2 kalimat tidak runtut
|
Terdapat 2 atau lebih kalimat yang
tidak runtut
|
Sidoarjo,
23 September 2014
Kepala
Sekolah Guru
Kelas IV
…………………………….. Siti Lianatuz
Zuhro, S.Pd
NIP.
NIP.
Segala yang saya tuliskan adalah karya pribadi, mohon hargai segala Hak Cipta Penulis. Jika ingin menyunting silahkan dengan catatan sesuaikan dengan bahasa Anda sendiri. tidak diperkenankan untuk meng-copy-paste secara keseluruhan tanpa adanya perubahan.
suiip pokoknya
BalasHapussemoga bermanfaat buat @Triaz Vormazillah
BalasHapus