Selasa, 29 Desember 2015

Contoh RPP K13 Kelas IV Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan  : SD
Kelas/Semester        : IV/2 (Dua)
Tema/Subtema        : Indahnya Negeriku/Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/PB 1

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1)      Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial.
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
 3.4.1 Menceritakan teks cerita petualang dengan menggunakan kata-kata sendiri.
4.4.1 Membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata baku.

2)      Matematika
Kompetensi Dasar
1.1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
3.14 Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen

Indikator :
3.14.1  Menjelaskan operasi penjumlahan dengan bilangan decimal
3.14.2  Menjelaskan operasi pengurangan dengan bilangan decimal
4.2.1    Mengoperasikan penjumlahan bilangan decimal dan persen
4.2.2    Mengoperasikan pengurangan bilangan decimal dan persen

3)      IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Indikator:
3.7.1 Membedakan hewan langka dan tidak langka
4.6.1 menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat membedakan hewan langka dan tidak langka dengan cermat.
2.      Berdasarkan teks petualangan, siswa dapat menyimpulkan berita perburuan hewan langka menggunakan kata-kata sendiri dengan bahasa yang santun dan tanggung jawab.
3.      Dengan membaca pemahaman teks, siswa dapat menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri dengan bahasa yang santun dan tanggung jawab.
4.      Berdasarkan teks petualangan, siswa dapat memilih dan memilah kosakata baku dengan cermat dan teliti.
5.      Dengan memilih kosakata baku, siswa dapat menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur dengan cermat dan teliti.
6.      Setelah menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan penjumlahan bilangan decimal dan persen dengan teliti.
7.      Dengan menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pengurangan bilangan decimal dan persen dengan teliti.
8.      Dengan menggunakan tabel, siswa dapat mengoperasikan penjumlahan bilangan decimal dan persen dengan teliti.
9.      Dengan menggunakan tabel, siswa dapat mengoperasikan pengurangan desimal dan persen dengan teliti.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Bercerita tentang informasi dan petualangan (buku siswa halaman 4)
2.      Penjumlahan dan pengurangan bilangan decimal dan persen (buku siswa halaman 2 dan 6)
3.      Hewan langka dan tidak langka (Buku siswa halaman 2-3)

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                        : Tanya jawab dan diskusi
Pendekatan      : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengomunikasikan)

F.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat     : Gambar-gambar hewan langka dan tidak langka, teks cerita Perburuan Liar Ancam Macan Tutul Ujung Kulon.
2.      Sumber                  :
Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema 6 “Indahnya Negeriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.      Guru melakukan apresepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.      Guru member motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langkah dan tidak langkah (mengamati).
2.      Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan gambar tersebut (menanya).
3.      Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang telah ditentukan oleh guru (mengomunikasikan).
4.      Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing (menalar).
5.      Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka atau tidak langka pada tabel yang telah disediakan (menalar).
6.      Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
7.      Siswa membaca teks Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon (mengumpulkan informasi).
8.      Serelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
9.      Siswa menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri (mengomunikasikan).
10.  Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami artinya (mengumpulkan informasi).
11.  Siswa mencariarti kata baru-baru tersebut di kamus dan menuliskannya pada lembar yang telah disediakan (eksperimen dan mengomunikasikan).
12.  Siswa membuat 5 kalimat menggunakan kosakata baru tersebut (mengomunikasikan).
13.  Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data tentang jumlah jam tidur hewan (menalar)
14.  Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok (menalar).
15.  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
16.  Siswa mempertukarkan jawaban dengan pasangan (mengomunikasikan).
17.  Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan (mengkomunikasikan).
150 Menit
Penutup
1.      Siswa bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan dari kegiatan hati itu.
2.      Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum mereka pahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut)
3.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
10 Menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilian Sikap : cermat
b.      Penilaian Pengetahuan : kuis
c.       Penilaian Keterampilan : menceritakan



2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Lembar Penilaian Sikap
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Cermat
Teliti
Tanggungjawab
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
 …………………












2.
………………..












3.
dst












Keterangan :
Berilah dengan tanda centang (v) pada kolom yang sesuai.
1: Tidak pernah ditunjukkan; 2: Kadang-kadang ditunjukkan; 3: Sering ditunjukkan; 4: Selalu ditunjukkan.

b.      Lembar Penilaian Pengetahuan
Penilaian IPA dengan daftar Daftar Periksa
No.
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka


2.
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan langka


3.
Siswa mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka


4.
Siswa mampu menyimpulkan tentang penyebab kelangkaan hewan



Daftar Periksa : Memilih dan Memilah Kosa Kata Baku
No.
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu meemilih 10 kosakata baku dari teks cerita petualangan


2.
Siswa mampumenemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia


3.
Siswa mampu menuliskan 5 kosakata baku dalam kalimat yang runtut.



c.       Lembar Penilaian Keterampilan
1.      Penilaian Bahasa Indonesia
No
Nama Siswa
Kriteria
Strukur Cerita
Latar Cerita
Tokoh Cerita
Keruntutan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
………….












2.
………….












3.
dst












Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria sesuai rubric penilaian.

2.      Rubrik : Menceritakan Kembali Teks Petualangan
Kriteria
Bagus
(3)
Cukup
(2)
Berlatih Lagi
(1)
Struktur Cerita
Memuat awal, pertengahan dan akhir cerita dengan lengkap
Memuat awal, pertengahan, dan akhir cerita, namun kurang lengkap
Cerita tidak memuat salah satu aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
Latar Cerita
Memuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara detail.
Memuat latar (setting) cerita, namun kurang detail
Tidak memuat latar (setting) dalam cerita
Tokoh Cerita
Memuat nama tokoh dengan lengkap
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap
Tidak memuat tokoh cerita
Keruntutan
Seluruh kalimat runtut
Terdapat 1-2 kalimat tidak runtut
Terdapat 2 atau lebih kalimat yang tidak runtut



                                                                      Sidoarjo, 23 September 2014
Kepala Sekolah                                                          Guru Kelas IV




      ……………………………..                                Siti Lianatuz Zuhro, S.Pd
       NIP.                                                                     NIP.



Segala yang saya tuliskan adalah karya pribadi, mohon hargai segala Hak Cipta Penulis. Jika ingin menyunting silahkan dengan catatan sesuaikan dengan bahasa Anda sendiri. tidak diperkenankan untuk meng-copy-paste secara keseluruhan tanpa adanya perubahan. 

Semoga Bermanfaat ^^




2 komentar: