Selasa, 29 Desember 2015

NASKAH MC ACARA PERTUNANGAN ADAT JAWA



         Saat itu, hari Sabtu tanggal 26 Desember 2015 saya dipercaya atasan saya untuk memandu acara "Pertunangan" keponakannya. suatu hal yang baru bagi saya karena sebelumnya saya belum pernah memandu acara sepeti itu. ^^ tetapi karena saya yakin bisa maka Alhamdulillah  acara yang saya bawakan berjalan dengan lancar....
Sebelum saya tunjukkan susunan acara yang sudah saya bawakan dengan sukses tersebut. hehehhe
Marilah kita isi pengetahuan kita mengenai acara pertunangan atau tukar cicin adat Jawa sebagai berikut.
Selayang Pandang
Tukar cincin dalam adat Jawa juga sering disebut sebagai Liru Kalpika, prosesi tukar cincin ini biasanya pertama kali dilakukan saat tunangan sebagai tanda Paningsetan. Peningsetan berasal dari kata singset, artinya mengikat erat antara putra putri kedua pihak dan para orang tua penganten yang akan menjadi besan. Prosesi ini mengandung makna bahwa kedua calon pasangan telah seiya-sekata untuk melangsungkan kehidupan rumah tangga.
Selain dilakukan saat tunangan, prosesi tukar cincin ini juga bisa dilakukan pada saatlamaran, bisa dilakukan setelah lamaran, atau diselenggarakan setelah ijab qobul. Pemasangan cincin sebelum ijab qobul biasanya di jari manis tangan kiri, kalau sesudah ijab qobul biasanya di jari manis tangan kanan di kedua mempelai.
Acara tukar cincin yang dilakukan pada saat tunangan ataupun lamaran, biasanya dilangsukan sebulan sebelum acara pernikahan, ada juga yang dilakukan setahun sebelumnya bahkan dua tahun sebelumnya. Masalah penentuan waktu biasanya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak keluarga yang sudah sepakat untuk menikahkan putra-putrinya.
Adapun rangkaian acara tukar cincin ini biasanya adalah :
  1. Kedatangan rombongan keluarga calon mempelai laki-laki
  2. Pembukaan oleh Pambiworo (MC), dalam pembukaan ini biasanya pihak MC akan menjelaskan sedikit tentang acara yang sedang berlangsung, memberi ucapan selamat datang dan membacakan rangkaian acara yang akan dilangsungkan.
  3. Pembacaan ayat suci Alquran (jika ada),
  4. Perwakilan keluarga calon pengantin pria memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud kedatangannya.
  5. Perwakilan keluarga calon pengantin wanita memberi sambutan selamat datang dan memberikan jawaban dari maksud kedatangan keluarga calon pengantin pria.
  6. Prosesi tukar cincin yang dilakukan oleh kedua orang tua kepada calon mempelai. Orang tua mempelai laki-laki memakaikan cincin ke calon mempelai perempuan, dan orang tua mempelai perempuan memakaikan cincin ke calon mempelai laki-laki. Cincin biasanya akan dipasangkan di jari manis sebelah kiri, dan setelah minikah akan dipindahkan ke jari manis sebelah kanan.
  7. Doa Penutup, acara ini dilakukan agar segala sesuatu yang telah rencanakan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.
  8. Sesi ramah-tamah, biasanya diisi dengan acara makan-makan, ngobrol, hiburan dan foto-foto.
Acara tukar cincin setiap daerah memiliki cara yang berbeda-beda, meski demikian pada prinsipnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperkokoh ikatan/komitmen kedua calon mempelai dan sebagai wahana silaturahmi antar keluarga.

nah...... ini naskah susunan acara untuk MC dalam acara pertunangannya... semoga bermanfaat ^^
Selamat datang kepada keluarga besar calon mempelai pria keluarga Bpk. H. Muariyono dan Ibu Hj. Endang Sri Lestari disilahkan untuk memasuki kediaman Bpk. Nanang Sunarya &Ibu Siti Waliyah.

PEMBUKAAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
(Alhamdulillahirabbil alamin …. )
Yth. keluarga besar dari kedua calon pengantin, kedua calon Pengantin yang kami sayangi, dan hadirin yang  berbahagia.
Pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sehinga kita bersama hadir disini dalam suasana penuh bahagia.
Dengan ini keluarga besar Bpk. Nanang Sunarya menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada bapak dan ibu hadirin sekalian. Pada hari ini, Sabtu tanggal 26 Desember 2015, kita semua akan menyaksikan proses lamaran pernikahan ananda Katon Adji Sang Satyawan putra pertama Bpk. H. Muariyono dan Ibu Hj. Endang Sri Lestari dengan Adinda Dian Eka Suciningsih, S.Keb putri pertama Bpk. Nanang Sunarya & Ibu Siti Waliyah.
Hadirin yang berbahagia, baiklah kami haturkan ragkaian acara yang akan kita lalui bersama sebagai berikut:
1     1. Pembukaan, sekaligus telah kami bawakan
2     2. SAMBUTAN-SAMBUTAN:
a.      PERKENALAN KELUARGA & PENYAMPAIAN MAKSUD DARI KELUARGA PRIA
b.     PERKENALAN KELUARGA & JAWABAN DARI CALON MEMPELAI WANITA
         3. PROSESI PENYEMATAN CINCIN
4      4. PENENTUAN TANGGAL PERNIKAHAN
5      5. PENGUMUMAN TANGGAL PERNIKAHAN
6      6. DO’A
7      7. PENUTUP
8      8. RAMAH TAMAH

PENYAMPAIAN MAKSUD DARI KELUARGA PRIA
Hadirin  yang  kami  hormati, acara yang pertama  yaitu  sambutan dari calon mempelai pria sekaligus Menyampaikan maksud dan tujuannya beserta perkenalan keluarga calon mempelai pria, kepada Bpk. H. Muariyono.  Selaku ayahanda calon mempelai pria. Kepadanya kami persilahkan.
Terimakasih kami ucapkan kepada Bpk. H. Muariyono Yang telah menyampaikan prakata dari keluarga Calon mempelai pria.

JAWABAN DARI CALON MEMPELAI WANITA
            Selanjutnya adalah sambutan dari pihak keluarga Calon mempelai wanita sekaligus menjawab apa yang telah disampaikan oleh pihak Calon mempelai pria. Kepada …………………………………………….. yang mewakili keluarga  Bpk. Nanang Sunarya & Ibu Siti Waliyah Kami persilahkan.

PROSESI PENYEMATAN CINCIN
Hadirin yang berbahagia, setelah mendengarkan penyampaian dari kedua belah pihak, maka saatnya kini penyematan cincin yang diberikan ananda Katon Adji Sang Satyawan kepada adinda Dian Eka Suciningsih, S.Keb begitu pula sebaliknya oleh orang tua calon pengantin.

PENENTUAN TANGGAL PERNIKAHAN
Kepada kedua keluarga calon mempelai disilahkan untuk bermusyawarah mengenai penentuan tanggal pernikahan. Kepadanya dipersilahkan.

PENGUMUMAN TANGGAL PERNIKAHAN
Alhamdulillah ....Insya Allah pernikahan antara ............ dengan ............. akan dilangsungkan pada bulan ............... bertempat di ......................................... Kiranya Allah SWT senantiasa melimpahkan ridha dan rahmatNYA pada kita semua dan semoga dimudahkan pula semua urusan kita.

DO’A
Hadirin yang kami muliakan, agar mendapat syafaat dan berkah dari Allah SWT, marilah kita berdoa bersama-sama sekaligus mendoakan semoga menuju acara pernikahannya dapat dimudahkan dan tidak ada halangan. Amin.
Untuk itu kami persilahkan Bpk. H. Kloliq kiranya berkenan memimpin doa. Kepada Bpk. H. Kloliq kami persilahkan.

PENUTUP
Hadirin yang kami hormati, Semoga do’a yang dibacakan dan kita aminkan tadi diterima oleh Allah SWT.

Menginjak acara yang terakhir yaitu penutup dan dilanjutkan ramah tamah.  Atas nama keluarga kedua calon mempelai, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan mohon dimaafkan apabila ada kata-kata maupun sikap yang kurang berkenan dihati Bapak dan Ibu sekalian. Saya akhiri Billahi taufiq walhidayahWaridhlo wal inayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


6 komentar:

  1. bagus, praktis.. mks atas bagi pengalamannya..

    BalasHapus
  2. Terimakasih . semoga selalu dirahmati Allah swt

    BalasHapus
  3. Makasih ya, doakan tanggal 18mei2021 acara pertunangan saya berjalan lancar dan semoga diridhoi Allah SWT. Aamiin.

    BalasHapus
  4. Bagus singkat, padat dan berisi. Yang bahasa jawa ada tidak nih

    BalasHapus
  5. Trimakasih untuk masukan bagi kami......

    BalasHapus