A. Pengaruh sekolah terhadap masyarakat
Sekolah
merupkan salah satu lembaga masyarakat yang didalam terdapat reaksi dan
intraksi antar warganya. Warga sekolah meliputi guru, murid, tenaga administrasi
serta petugas sekolah. Sebagai
salah satu lembaga masyarakat maka sekolah perlu memperhatikan dan mempertimbangkan
hal-hal sebagai berikut:
1.
Menyesuaikan kurikulum sekolah dengan kebutuhan
masyarakat
2.
Metode yang digunakan harus mempu merangsang murid
untuk mengenal kehidupan riil dalam masyarakat
3.
Menumbuhkan sikap pada murid untuk belajar dan bekerja
dari kehidupan sekitarnya
4.
Sekolah harus selalu berintegrasi dengan kehidupan
masyarakat, sehingga kebutuhan keduanya terpenuhi
5.
Sekolah seharusnya dapat mengembangkan masyarakat
dengan cara mengadakan pembaruan tata kehidupan masyarakat
Sedikitnya
ada 4 macam yang bias dilakukan oleh sekolah terhadap perkembangan pengaruh
tersebut adalah :
1. Mencerdaskan kehidupan bangsa
1. Mencerdaskan kehidupan bangsa
Kecerdasan
masyarakat dapat dikembangkan melalui pendidikan baik formal, ninformal maupun
informal. Sekolah merupakan pelaksana pendidikan formal paling tepat karena
programnya labih ideal dibandingkan lembaga pendidikan yang lain
2. Membawa virus pembaharuan bagi perkembangan masyarakat
Kualitas
hidup masyarakat meningkat bila mereka tidak statis melainkan dinamis
bermunculan adanya pembaharuan, penemuan-penemuan baru baik ilmu pengatahan
maupun teknologi. Penemuan dapat terjadi dimasyarakat dan dapat juga disekolah.
Namun sudah menjadi tugas dan kewajiban sekolah untuk menyebarluaskan hasil
penemuan dan pembaharuan tersebut
3. Melahirkan warga masyarakat yang siap dan terbekali bagi kepentingan kerja dilingkungan masyarakat
4.Melahirkan sikap positif dan konstruktif bagi warga masyarakat, sehingga tercipta integrasi social yang harmonis ditengah-tengah masyarakat
Kesedaran
hidup bernegara, kesatuan dan persatuan bangsa, serta loyalitas warga terhadap
nusa dan bangsanya secara tertahap ditanamkan pada hati sanubari murid-murid
sehingga sikap positif dan konstruktif bagi masyarakat dapat terwujud.
B. Landasan Umum
Didalam tap MPR No. IV/MPR/1993 ditegaskan bahwa:
Pendidikan berdasarkan atas
pencasila dan bertujuan:
1. Meningkat :
a.
Ketagwaan terhadapt Tuhan Yang Maha Esa
b.
Kecerdasan
c.
Keterampilan
2. Memperingati
budi pekerti
3. Memperkuat
kepribadian
4. Mempertebal
semangat kebangsaan agar dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama
bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Berdasarkan rumusan tersebut diatas maka funsi
dan peranan sekolah terhadap masyarakat ialah
1.
Meningkatkan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa
2.
Meningkatkan kecerdasan
3.
Meningkatkan keterampilan dan mempersiapkan tenaga
terampil, serta dapat
meninggalkan produksi kerja
4.
Membentuk pribadi dan budi pekerti
5.
Melestarikan nilai-nilai yang terpuji dalam masyarakat
C. Pengaruh Masyarakat Terhadap Pendidikan
Masyarakat sebagai lembaga
pendidikan ketiga sesudah keluarga dan sekolah, mempunyai sifat dan fungsi yang
berbeda dengan ruang lingkup dengan batasan yang tidak jelas dan keanikaragaman
bentuk kehidupan social serta berjenis-jenis budayanya.
Setiap masyarakat mamiliki karekteristik tersendiri
dan memiliki norma-norma. Dimana norma-norma tersebut sangat berpengaruh dalam
pembentukan kepribadian warga dan bertindak dan bersikap. Identitas dan
perkembangan masyarakat tersebut sedikit banyak akan berpengaruh terhapat
sekolah. Pengaruh tersebut baik dalam orientasi dan tujuan pendidikan maupun
proses pendidikan itu sendiri.
a.Pengaruh masyarakat terhapat orientasi dan tujuan pendidikan
a.Pengaruh masyarakat terhapat orientasi dan tujuan pendidikan
Dalam orientasi dan tujuan pendidikan jelas akan
diwarnai oleh masyarakat, mengingat masyarakat merupakan lembaga masyarakat.
Identitas suatu masyarakat dan dinamikanya senantiasa
membawa pengaruh terhadap orientasi dan tujuan pendidikah. Hal ini dikarenakan
sekolah merupakan institusi yang dilahirkan dari, oleh dan untuk masyarakat.
Program pendidikan disekolah biasanya tercermin didalam kurilkulum, yang dimana
kurikulum ini selalu berubah-berubah sesuai dengan perkebangan masyarakat
Pengaruh identitas suatu masyarakat terhadap
program-program pendidikan, biasanya dibuktikan dengan berbedanya orientasi dan
tujuan pendidikan. Hal ini desebabkan setiap masyarakat memiliki ciri khas
dalam orientasi dan tujuan pendidikan tersendiri.
b.Pengaruh masyarakat terhadap terhadap proses pendidikan
b.Pengaruh masyarakat terhadap terhadap proses pendidikan
Berlangsungnya proses pendidikan disekolah tidak lepas
dari pengruh masyarakat, pengaruh masyarakat yang dimaksud adalah pengaruh
sosial budaya dan pertisipasinya. Pengaruh sosial budaya biasanya tercermin
dalam proses belajar baik yang berkaitan dengan pola aktifitas pendidikan
maupun anak didik di dalam proses pendidikan. Nilai sosial budaya masyarakat
bisa menjadi penghambat dan pendukung terhadap proses pendidikan.
Oleh karena itu usaha pembaharuan terhapat proses
pendidikan disekolah, merti memperhitungkan pengaruh sosial budaya dari
masyarakat lingkungannya.
·
Pengaruh dan peranan masyarakat terhadap sekolah dapat
kita simpulkan, sebagai berikut:
1.
Sebagai arah dalam menentukan tujuan
2.
Sebagai masukan dalam menentukan proses belajar
mengajar
3.
Sebagai sumber belajar
4.
Sebagai pemberi dana dan fasilitas lainnya
5.
Sebagai laboratorium guna pengembangan dan penelitian
sekolah
bagus nie, dengan artikel nie kita bisa tahu keterkaitan anatara masyarakat dengan sekolah
BalasHapus